Pengalaman SBMPTN 2017, Ga ada yang Mustahil (part 2)

Ini lanjutan dari postingan sebelumnya ya, kalo ada yang belom baca. Monggo diliat dulu disini

Part 2:

PERSIAPAN SBMPTN 2017

Tanggal 27 April, tepatnya saat ultah gw, gw pergi ke gramed buat beli buku latihan sbmptn. Gila? Emang, disaat temen” gw udah ikut bimbel sana sini, cari bahan dari internet buat tes sbmptn dari awal kelas 12, gw baru cari bukunya beberapa minggu sebelom tesnya dimulai ( 16 mei ) . Lumayan lama juga gw di gramed mungkin sekitar sejam, lama karena gw kaget pas gw liat” isi bukunya.. astaga Tuhan.. ini apaan? Kirain materinya itu sama kaya ujian nasional. Lah ini ternyata….

Ga ada proses yang mudah

Materi sbmptn gw fokusin di TKPA dulu, gw mulai belajar tentang sinonim, antonim, analogi, dkk abis itu baru ke TPAnya. Gw sempet down karena awalnya bener” gabisa sama sekali pas ngerjain soalnya ditambah waktu awal mei gw sempet ikut tryout online dan hasilnya jeblok banget, bisa dibilang gw salah satu yang paling jelek dari peserta tryout

Tapi Puji Tuhan,walaupun beberapa kali gw tryout dan hasilnya selalu terjelek, tapi gapernah ada kata menyerah terbesit di otak gw, malah semakin deket sbmptn gw makin semangat bwt belajarnya, sehari” kegiatan gw cuma berkutat dengan soal sbmptn dari pagi smpe malem. Bahkan waktu prom night aja gw masih sempet”nya nanya materi matematika sama temen gw wkwkwk

H-1 SBMPTN

Btw gw dapet lokasi tes di SMAN 106, di Jakarta timur tapi udh mepet ke depok. Karena rumah gw di Jakarta barat dan gw gamau pas hari h nya gw nyasar jadinya gw survey dulu tempatnya. Tadinya gw mw bawa motor kesana tapi karena gw gatau jalan daerah Jakarta timur jadinya gw naek kereta

 

Gw naek kereta dari stastiun kota , turun di ui. Karena sekolahnya deket sama UI, sempet ada insiden gw ditreakin opang karena gw mesen ojek online dan mau naik dari depan stastiun, gw gatau di stastiun ui itu gaboleh naek ojek online. Jadi pas gw lagi nyari ojol pesenan gw, opang sana pada treak” woi ga ada online disini kalo mau lu jalan aja sana ke fh. Gw awalnya cuekin aja soalnya itu pertamakalinya gw ke ui dan abang ojolnya juga susah diteleponin, tapi lama” makin banyak yang treakin gw, daripada ribut ya akhirnya gw jalan ke fh (setelah gw bisa nelepol abang ojolnya)

Rasa kesel gw pas ditreakin opang ilang pas liat suasana UI yang adem, Kampus impian gw dari kecil, yang dulu gw Cuma bisa liat dr tv / youtube doang, sekarang gw bisa disini… walaupun Cuma numpang lewat doang sih naek ojol. Tapi asli, seneng rasanya liat suasananya trus danau yang latarnya perpusat sama gedung rektorat yang iconic itu. Keren , sayang pariwisata masuk jalur SIMAK di UI, harganya mahal banget jadinya gw emang ga niat ambil pariwisata di ui, dan katanya soal simak luar biasa susah jadi ya…. sudahlah

Ga lama gw sampe di sman 106, tapi sayang gw gabisa liat kelasnya karena gadikasih sama satpamnya. Well at least gw udh bisa ancang” harus jam berapa gw berangkat. Trus akirnya gw pulang dan belajar lagi

D-DAY

Hari penentuan pun dateng , tes mulai jam 09.45 tapi gw bangun dari subuh, siap” pensil dkk karena gw ikut pbt, setelah gw selesai beres” gw rebahan di ranjang, niatnya mw istirahat sebentar abis itu review dikit. Eh tiba” gw ketiduran dan pas gw bangun gw liat jam… GILA, UDAH JAM 7, gw kemaren berangkat dari jam setengah 7 aja nyampe di ui jam 8 lewat, trus pesen ojol , ditreakin opang, jalan ke fh segala macem baru nyampe sekolahnya jam 9 lewat. Ini gw bisa nyampe jam berapa? Bener” gw panic saat itu, pas nyampe stastiun udh setengah 8 kurang, trus lari nguber kereta dan masuk kedalem pas pintunya udah mau ditutup.

Didalem kereta juga gw udh ga tenang, mw belajar udh gabisa gw gelisah nguber waktu takut ga keburu, apalagi karena ini hari kerja biasa lah keretanya mandek di manggarai, orang pada perebut naek. Untungya gw naek dari stastiun awal jadinya gaperlu desek”an berdiri, tapi ya tetep aja gw gabisa belajar dan panic takut gakeburu waktunya

Gw nyampe di UI sekitar setengah 9 dan belajar dari pengalaman kemaren, gw langsung lari ke fh & mesen ojol. Entah kenapa hri itu susah banget cari ojol,  udh 15 menitan gw order ga ada yg pick up gw udh hopeless mikir mw naik opang aja.

Tapi karena gw orangnya pelit   ngirit gw tetep milih ojol, makanya gw coba pesen dri 2 aplikasi sekaligus, akirnya hampir setengah jam gw order dapet juga. Problem solved? Not yet, abang ojolnya gatau jalan jadilah beberapakali kita berenti dipinggir gara” abangnya liat gps… belom kerjain soal aja uda senam jantung gw dari pagi wkwkwk

Akirnya gw sampe disana jam setengah 10 lewat, Praise the lord. Walaupun udh ga ada waktu belajar at least gw punya waktu bwt istirahat bentar. Karena ini PBT,  jam 09.45 semua peserta disuruh masuk ke ruangan masing” untuk isi biodata dulu 15 menit (mulai ujian jam 10)

Mungkin karena banyak hal yang gw alamin dari pagi, gw jadi ga teralu konsen pas kerjain tkpanya apalagi pas bagian matematika, udah buyar semua dah itu rumus” , liat soal mat Cuma plongo” doang kaya orang bego.  Beberapa jam berlalu, yang gw inget waktu itu gw jawab semua soal b indo, inggris, mat gw asal semua 4 nomor,padanan kata kayanya hampir semua, sisanya gw lupa isi berapa karena soal tkpa gaboleh dibawa pulang.

Pas waktu udah selesai & istirahat peserta lain mukanya biasa aja gitu bahkan ada yang senyum” pas keluar dari ruang ujian… Entah senyum karena bisa ngerjain atau dia tiba” gila abis ngerjain soalnya .Gw udh ga niat makan sama sekali, tapi karena perut gamau kompromi sma pikiran ya gw akirnya makan roti yang dibeli di deket rumah tadi pagi, sambil keliling” sekolahnya.

Tes Potensi Akademik

Karena gw ambil soshum, tpanya ya ttg sejarah, eko, geo, sosio. Untuk sejarah, bukanya sombong tapi gw emang pecinta sejarah makanya gw susah move on   dan sejarahnya juga gw dulu sering baca di Wikipedia jadi ya lumayan lah, sosiologi, karena gw un milih sosiologi dan tipe soalnya mirip banget sama soal un, jadinya rada santai. geografi….. hopeless gw, entah itu soal apaan, kalo ekonomi.. gw cuma bisa kerjain akuntansi sama tentang pasar doang.

Seinget gw dulu ga smpe setengah jam udah selesai kerjain semuanya, kecuali geografi yang masih kosong karena gw gatau itu soal apaan, susah banget.

Waktu pun abis dan ternyata soal tpa boleh dibawa pulang, tapi prinsip gw dari awal emang Cuma datang – kerjakan – lupakan – berserah sama Tuhan. Setelah tes itu gw ga inget” lagi, gw coba cari kerja buat nambah” duit selama liburan sekaligus ngalihin perhatian gw daripada stress mikirin hasil sbmptn..

PENGUMUMAN

13 Juni 2017, hari yang ditunggu” oleh semua pejuang sbmptn 2017. Gw sendiri juga ga sabar mw tau hasilnya, ya jujur aja itu satu”nya harapan gw kuliah karena gw emang ga ada back up univ lain lagi, bahkan gw sampe doa puasa selama 2 minggu buat nunggu hasilnya.

Sambil nunggu jam 2 gw buka” artikel karena kerjaan di kantor lagi ga banyak, oya gw lagi kerja di perusahaan reklame. Di artikel itu bilang Cuma 14 rb orang yang lolos dri hamper 800 ribu an pendaftar, entah bacanya antara kaget, takut, tapi ngarep juga.

Pas jam 2 gw coba buka webnya dan… down parah, padahal internet kantor gw lumayan kenceng tapi tetep gakebuka, gw coba terus sampe setengah jam mental terus, akirnya gw cape jadi gw diemin aja dulu… sampe tiba” temen gw ada yang line kirim ucapan selamat , pas gw Tanya selamat apaan dia malah bales nanya: lulus dimana lu tim? Wkwkwk.

Gw pikir dia bercanda kan, Cuma bilang selamat tapi dia malah nanya gw lulus dimana. Akirnya gw lanjut kerja lagi, sampe jam 3 lewat, gw coba” buka dan hasilnya…………………………………

1497340241658 (2)

THANKS GOD, orang yang awalnya gapernah diperhitungkan buat lolos, yang belajarnya Cuma setengah hati dari 2 minggu sebelom tes bahkan beli buku materinya aja yang diskonan, yang setiap tryoutnya selalu dapet nilai terendah. I’m out of words seriously at that moment..

Well, maaf kalo postingan gw kepanjangan. Ga berasa ya uda hampir setaon berlalu dan udah mau sbmptn lagi.. Pesen gw buat yang mau ikut sbmptn taon ini, jangan pernah nyerah & bosen buat belajar. Inget sama cita” kalian, selagi bisa kejarlah & jangan lupa tetep harus mengandalkan Tuhan. Goodluck Pejuang SBMPTN tahun ini! You can do it!

 

One Reply to “Pengalaman SBMPTN 2017, Ga ada yang Mustahil (part 2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *